Selama ini saya percaya bahwa piston jenong akan menambah kompresi, karena volume ruang bakar bakal mengecil.
Tapi setelah berdiskusi dengan bro Patra, saya lupa, bahwa perbandingan volume akan tetap.
CR = Volume di TMB / Volume di TMA
CR = Compression Ratio.
nah,.. bisa di tebak kan, kalau piston jenong memperkecil volume di TMA, tapi juga memperkecil volume di TMB. Perbandingan tetap.
Seperti saat Toger memakai piston megapro.
Bahkan pada rumus turunannya jg akan terjadi hal yang sama.
Studi kasus tiger *pendekatan* kayak gini
b = cylinder bore (diameter) 6.35 cm
s = piston stroke length 6.22 cm
D = Displacement 196 cc
PV = Piston Volume 0 cc (Flat Top Piston)
DC = Deck Clearance Volume 0.30370394 cc (Luas Alas * Tinggi) (=(3.14*(6.35/2)^2)*0.01)
G = Gasket Volume 0.15185197 cc
CC = Combustion Chamber Volume 24 cc
CR =(D + PV + DC + G + CC) / (PV + DC + G + CC)
CR = (196+0+0.30370394+0.15185197+24) / (0+0.30370394+0.15185197+24)
CR = Compression Ratio 9.01453873
jenong atau tidak jenong dari diatas masuk ke PV, perbandingan tetap sama.
Jadi ternyata kompresi saat pakai piston megy tetap 9:1 ???
Tapi kok belum sreg ya saya, apa ada pendapat lain?
Tapi setelah berdiskusi dengan bro Patra, saya lupa, bahwa perbandingan volume akan tetap.
CR = Volume di TMB / Volume di TMA
CR = Compression Ratio.
nah,.. bisa di tebak kan, kalau piston jenong memperkecil volume di TMA, tapi juga memperkecil volume di TMB. Perbandingan tetap.
Seperti saat Toger memakai piston megapro.
Bahkan pada rumus turunannya jg akan terjadi hal yang sama.
Studi kasus tiger *pendekatan* kayak gini
b = cylinder bore (diameter) 6.35 cm
s = piston stroke length 6.22 cm
D = Displacement 196 cc
PV = Piston Volume 0 cc (Flat Top Piston)
DC = Deck Clearance Volume 0.30370394 cc (Luas Alas * Tinggi) (=(3.14*(6.35/2)^2)*0.01)
G = Gasket Volume 0.15185197 cc
CC = Combustion Chamber Volume 24 cc
CR =(D + PV + DC + G + CC) / (PV + DC + G + CC)
CR = (196+0+0.30370394+0.15185197+24) / (0+0.30370394+0.15185197+24)
CR = Compression Ratio 9.01453873
jenong atau tidak jenong dari diatas masuk ke PV, perbandingan tetap sama.
Jadi ternyata kompresi saat pakai piston megy tetap 9:1 ???
Tapi kok belum sreg ya saya, apa ada pendapat lain?
http://yx.fi/2y5
BalasHapusmampir mas
dengan menggukan piston jenong combustion volum juga berkurang donk, kalo ngeburetnya saat mesin di pasang pasti akan keliatan perbedaany..
BalasHapuskalo yang dimaksud piston jenong= cembung. jadi PV= negatif.sehingga kompresi pasti naik drastis sebanding dengan kejenongannya.Coba saja semisal profil piston tdk flat,tapi jenong/gembung 6mm kubik.Jadi, masukkan variable PV= (-6). Alhasil,kompresi naik dari 9.0145 menjadi 11.7947933765.Silakan dicoba...
BalasHapusPiston jenong memperkecil volume di TMA, tapi juga memperkecil volume di TMB. Perbandingan tetap...
BalasHapusSANGAT SETUJU !!!! MASUK AKAL !!!
nah,.. bisa di tebak kan, kalau piston jenong memperkecil volume di TMA, tapi juga memperkecil volume di TMB. Perbandingan tetap.
BalasHapusSANGAT MASUK AKAL !!!!